Yuk Belajar tentang Manajemen Keuangan, Fungsi dan Tujuan!

  • Whatsapp
Manajemen Keuangan

Perlu kamu ketahui bahwa manajemen Keuangan merupakan pembahasan yang sangat penting dalam dunia bisnis. Mengapa penting? Karena perusahaan tidak dapat berfungsi ketika tanpa menggunakan dan mengatur dana yang tepat. Sampai dengan mengalami pengembangan bisnis yang terhambat. Dan kamu juga bisa lihat tentang fungsi dari manajemen keuangan. Agar dapat memahami dan menerapkan praktisi manajemen yang tepat dalam penanganan dan penggunaan dana, kamu harus mengetahui sangat berharganya manajemen keuangan untuk bisnis kamu. Kali ini akan mengulas tentang manajemen keuangan!

Apa itu Manajemen Keuangan?

Pengertian dari manajemen keuangan merupakan banyak orang yang akan menghargai pentingnya konsep dan mengapa hal ini harus dipertimbangkan dalam lingkungan bisnis yang sudah kamu bangun.

Read More

Fungsi dari Manajemen Keuangan

  • Penentuan Komposisi Modal

Campuran utang dan juga ekuitas yang digunakan agar membiayai peluang investasi menguntungkan masa depanĀ  perusahaan disebut sebagai struktur komposisi modal.

  • Perencanaan Keuangan

Perlu kamu ketahui bahwa seorang manajer keuangan mempunyai tanggung jawab untuk merencanakan dan memperkirakan kebutuhan keuangan bisnis perusahaan. Manajer keuangan harus memberikan rincian jumlah uang yang akan di butuhkan untuk membeli aset yang berbeda untuk perusahaan tersebut.

Manajemen yang menggunakan manajer keuangan harus mengetahui apa yang harus manajer keuangan keluarkan untuk modal kerja dan aset tetap untuk bisnis perusahaan tersebut. Dan ada juga tugas lain dari manajer keuangan merupakanĀ  membuat perencanaan ke depan bagaimana dana yang di butuhkan bagi perusahaan yang dikelola.

  • Investasi Dana

Dengan manajer keuangan harus dapat memastikan bahwa dana yang tersedia untuk bisnis digunakan dengan memadai agar menumbuhkan bisnis yang baik. Biaya untuk memperoleh nilai dan dana pengembalian harus selalu seimbang dan juga sebanding.

Hal yang penting dari manajer keuangan adalah harus bisa melihat lini bisnis yang menghasilkan pengembalian lebih tinggi dan memperbaiki lini bisnis yang mengalami penurunan performa.

  • Kontrol Keuangan

Mengontrol keuangan bisa ditafsirkan sebagai analisis hasil aktual perusahaan, dan di dekati dari perspektif yang berbeda pada waktu yang berbeda apabila dibandingkan dengan tujuan yang jangka pendek, menengah dan juga jangka panjang dalam rencana bisnis.

Tujuan Manajemen Keuangan

Inilah tujuan dari manajemen keuangan karena perusahaan menerapkan strategi manajemen ini agar menumbuhkan bisnis, antara lain:

  • Memaksimalkan Keuntungan

Perlu kamu ketahui hal yang penting dari perusahaan mempekerjakan manajer keuangan merupakan untuk memaksimalkan laba dengan mengelola keuangan perusahaan. Manfaat dan keuntungan didapat dalam jangka pendek atau juga jangka panjang.

Hal yang utamanya merupakan bahwa individu atau departemen yang menangani masalah keuangan perusahaan bisa memastikan ketika perusahaan yang bersangkutan menghasilkan laba yang sangat cukup.

  • Mobilitas Keuangan yang Tepat

Dalam perusahaan pengumpulan dana untuk menjalankan bisnis adalah bagian inti dari sebuah sistem manajemen keuangan yang harus ditangani manajer yang sangat tepat bukan sembarang orang. Selanjutnya manajer keuangan memberikan kesimpulan bahwa estimasi jumlah yang dibutuhkan untuk proses bisnis, jumlah yang diperlukan selanjutnya bisa diminta dari sumber hukum apa saja contohnya saham, surat hutang atau juga permintaan pinjaman bank. Akan tetapi pada intinya merupakan bahwa harus ada keseimbangan yang tepat antara uang yang dimiliki perusahaan dan jumlah yang dipinjam perusahaan.

  • Kelangsungan Hidup Perusahaan

Manajemen selalu mempertimbangkan untuk mempekerjakan manajer keuangan yang tepat sejak awal dan manajer harus bisa membuat keputusan keuangan yang memadai agar memastikan perusahaan tersebut berhasil. Itulah informasi tentang Apa Itu Manajemen Keuangan? Fungsi dan Tujuan! Dan semoga bermanfaat buat kamu semuanya.

Related posts