Kenali Perbedaan Antara Jenis Ban Offroad AT dan MT

Offroad memang menjadi salah satu olahraga menantang yang banyak disukai oleh kaum laki – laki pada umumnya. Namun tidak semua orang bisa memiliki kesempatan untuk bisa menekuni olahraga yang satu ini. Itu karena biaya yang dibutuhkan untuk menekuni olahraga yang satu ini tidaklah murah, minimal anda harus memiliki mobil sekelas SUV atau Jeep untuk bisa menjajal jalanan offroad.

Setelah anda memiliki jenis kendaraan tersebut maka persiapannya tidak hanya sampai disitu saja. Anda juga harus melakukan beberapa modifikasi terhadap mobil anda agar lebih nyaman saat digunakan menyusuri jalan offroad. Modifikasi ini sendiri dilakukan agar mobil bisa tetap berjalan maksimal meski melalui medan jalan yang berbatu, berlumpur, dan masih ditutupi tanah.

Biasanya para offroader ini melakukan modifikasi pada beberapa bagian di mobilnya, namun modifikasi yang paling standar adalah pada bagian ban. Biasanya ban pada mobil offroad ini akan diganti dengan ban offroad yang memang dibuat khusus untuk bisa melaju di jalur yang ekstrem sekalipun.

Tapi sebelum anda hendak mengganti ban mobil anda dengan ban offroad sebaiknya anda juga harus mempelajari dan mengetahui tentang jenis ban mobil offroad. Dengan menegtahui jenis – jenis tersebut maka anda bisa lebih mengetahui jenis ban mana yang memang cocok digunakan untuk mobil anda.

Dalam dunia offroad sendiri jenis ban offroad terbagi kedalam dua jenis yaitu AT (All Terrain) dan MT (Mud Terrain). Tentunya kedua jenis ban offroad tersebut memiliki fungsi serta kelebihan dan kekurangan yang berbeda – beda. Penggunaan jenis ban tersebut dikembalikan kembali kepada kebutuhan anda berkendara. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasan mengenai jenis ban offroad AT dan MT.

Ban All Terrain (AT)

Ban jenis AT ini merupakan ban yang bisa difungsikan sebagai ban offroad maupun ban pada jalanan aspal. Itu karena alas atau tapak kasar pada ban AT tidak sekasar yang ada pada ban MT. Jadi untuk anda yang sering melakukan offroad dengan menggunakan mobil yang masih sering digunakan dijalan beraspal maka jenis ban AT ini cocok untuk mobil anda.

Tetapi meskipun jenis ban ini juga cocok untuk digunakan pada jalan on road maupu offroad. Ban satu ini juga memiliki keterbatasan yakni tidak bsia digunakan pada jalur offroad yang terlalu ekstrem.

Ban Mud Terrain (MT)

Ban jenis MT ini merupakan ban yang memang dibuat khusus untuk melewati jalur offroad. Tentunya dengan kemampuan tersebut ban ini juga masih memiliki kekurangan yakni ban jenis ini tidak cocok untuk digunakan di jalan aspal karena ban ini memiliki alas atau tapak ban yang sangat kasar. Akibatnya kemampuan grip pada ban akan menjadi buruk.

Namun kelebihannya jenis ban ini mampu digunakan pada jalan offroad yang memiliki medan yang berat sekalipun. Jadi jenis ban ini memang di desain untuk mobil yang memang khusus digunakan untuk offroad.

Itulah dua jenis ban yang bisa digunakan pada jalur offroad, dari ringkasan diatas tentunya anda dapat menentukan kira – kira jenis ban yang mana yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Jika anda memang menginginkan mobil offroad yang real maka anda bisa menggunakan ban MT. Tetapi jika anda menggunakan mobil SUV makan anda bisa menggunakan ban AT sebagai solusi mobil offroad anda.

Related posts