Diet KETO itu Apa Sih? Cari Tahu Disini

  • Whatsapp
Diet KETO itu apa sih

Diet keto secara umum, diet keto tidaklah jauh berbeda dengan diet kolosal yang sering diterapkan oleh pelaku diet. Diet keto adalah metode diet yang paling banyak dilakukan dengan cara menghindari makanan yang mengandung gula dan karbo berlebih. Kemudian menggantinya dengan makanan yang menganding protein, nutrisi dan lemak sehat lainnya. Mengingat metode diet keto cukup ampuh, sehingga banyak dipilih dikalangan millennial dewasa ini.

Untuk yang bersungguh-sungguh melakukan diet keto secara teratur, maka akan mendapatkan badan yang lebih langsing dan terlihat kurus. Dan bukan menjadi masalah yang sulit untuk didapatkan dan dilakukan. Mereka dapat menjalanai program diet tanpa harus khawatir kehilangan energi untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Selain itu, manfaat lain untuk kesehatan adalah pencegahan epilepsi, kanker, diabetes, dan penyakit lainnya.

Trend Diet Keto dimulai 2018 lalu

Diet KETO itu apa sih

Diet keto merajai trend pelaku diet mulai tahun 2018 lalu. Diet ini diprediksi masih menjadi favorit ditahun 2019 ini. Masih tetap menjadi hits meski nama atau istilah diet ini berbeda-beda.

Wacana dari diet keto adalah menyebabkan tubuh menuju kondisi ketosis, dimanfaatkan badan untuk mengurangi berat badan tubuh. Awalnya, diet ini dikembangkan untuk penderita epilepsi, karena adanya serangan di otak yang disebabkan oleh konsumsi glukosa. Sehingga asupan dari karbohidrat sendiri menjadi sangat rendah.

Diet keto adalah pola makan tinggi lemak dan rendah karbohidrat. Asupan karbo yang diperbolehkan adalah hanya sekitar 20 gr/hari.

“Diet ketogenic itu diet high in fat, very low in carbohydrate. Mekanismenya mengandalkan pemecahan lemak yang biasanya timbul saat puasa atau kelaparan, sehingga lemak menjadi sumber energi utama, bukan karbohidrat,” kata ahli gizi dan diet dari University of Sydney, Leona Victoria Djajadi MND.

3 macam Diet yang mirip dengan Diet Keto:

  1. Diet Atkins

Dilihat secara umum, diet atkins memiliki kemiripan dengan diet keto. Diet atkins menerapkan deit tinggi asupan protein dan lemak, tetapi rendah karbohidrat. Menu makanan pada diet ini berasal dari makanan yang mengandung lemak sehat, sayuran tinggi serat, dan protein murni.

Pola makan rendah karbohidrat dapat meningkatkan metabolisme. Hingga tubuh dapat mengontrol kadar insulin dan membakar lebih banyak simpana lemak. Bedanya adalah, diet atkins cenderung masih memperkenankan karbohidrat normal, namun diet keto selalu membatasi asupan karbohidrat.

  1. Diet High Fat

Diet high fat atau tinggi lemak adalah metodre diet yang hits tahun lalu. Diet ini menjadi ramai dilakukan karena memang menjanjikan hasil yang maksimal dan cepat. Sama halnya dengan diet keto, diet ini juga akan berujung pada tahap ketogenik.

Diet ini pastinya dapat membantu menurunkan berat badan, tapi jika Anda butuh atau kekurangan nutrisi yang spesifik, menandakan diet ini tidak cocok untuk Anda. Anda akan tetap butuh suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.

Ada baiknya untuk mengonsultasikan kepada dokter untuk memandumu menemukan diet yang tepat.

  1. Diet Paleo

Banyak yang kebingungan lantaran diet paleo dan keto ini sama-sama mengutamakan diet rendah karbohidrat. Akan tetapi sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang mencolok.

Pada diet keto, Anda perlu mendapatkan 60 hingga 80 persen kalori dari lemak, dan sisanya pada dasarnya berasal dari protein. Diet paleo jelas lebih demokratis daripada diet keto, karena Anda memiliki lebih banyak pilihan, dan Anda dapat memiliki lebih banyak buah dan sayuran.

Related posts