Begini Cara Mudah Menghafal Rumus Matematika!

  • Whatsapp
Rumus Matematika

Apakah kamu punya masalah saat menghafal rumus? Gak usah pesimis ya, itu hal yang wajar kok, setiap orang memang mengalami hal tersebut. Yang terpenting kamu harus bisa mencari solusi agar kamu lebih mudah mengingat rumus tersebut.

Menghafal rumus memang salah satu kendala siswa saat belajar materi hitungan terutama materi Matematika yang disertai banyak rumus yang terkadang sulit dihafal. Namun, sebenarnya rumus itu tidak perlu dihafal tapi, cukup diingat! Emang bisa tanpa dihafal? Bisa banget.

Buat kamu yang susah menghafal rumus, mungkin tips ini bermanfaat agar menghafal rumus tak perlu dihapal cukup diingat saja. Dan kamu bakal lebih mudah mengingatnya ketimbang menghafal yang sangat sulit diterapkan. Kalau menghafal sering cepat lupa, tapi kalau mengingat dijamin gak cepat lupa sama rumus dan sejenisnya.

Rumus Matematika

Kali ini kakak akan berbagi tips cara mengingat rumus tanpa menghafal. Mungkin kamu masih belum percaya kalau ngingat rumus itu tanpa menghafal. Ok, simak aja ya penjelasan berikut yang bikin kamu hafal rumus matematika lengkap:

  1. Buat Catatan Rumus dan Tempel di Kamarmu

Tujuannya agar rumus yang akan kamu ingat sering terlihat dengan mudah. Karena semakin sering kamu melihatnya tanpa kamu sadari rumus ini akan mudah kamu ingat dengan sendirinya.

Ibaratnya kalian punya teman, semakin sering kamu ketemu sama teman maka kamu akan semakin akrab. Jika sudah akrab kamu bakal selalu ingat dan gak bakal lupa sama sahabat kamu. Jadi lama kelamaan kamu akan bisa mengingat rumus matematika lengkap dengan mudah.

  1. Gunakan Singkatan yang Mudah Diingat

Misalnya kamu ingin mengingat rumus gaya dalam ilmu Matematika yang rumusnya F = m . a.

Kamu bisa menggunakan istilah yang mudah diingat seperti ‘MasPeri’ (Massa dikali Percepatan gravitasi) atau istilah lain sesuai kreatifitas kamu. Ini sekedar contoh ya, jadi kamu bisa membuat istilah lain yang menurut kamu mudah diingat, bisa menggunakan istilah nama binatang, buah-buahan, istilah gaul dan lain-lain. Intinya yang mudah kamu ingat saja.

  1. Merubah Rumus Jadi Hal yang Kreatif

Tidak bisa dipungkiri mengingat sesuatu akan terasa lebih mudah jika dibuat dalam bentuk lagu. Sama halnya mengingat rumus, alangkah lebih mudah jika diingat dalam bentuk lagu kreatif sesuai gaya kamu. Misalnya menggunakan lagu anak yang mudah kayak lagu ‘balonku’, ‘bintang kecil’ dan sebagainya. Atau bisa saja kamu menggunakan lagu yang sedang hits atau tren.

Untuk contohnya kamu bisa melihat contoh lagu gaya Matematika berikut yang dibuat dari salah satu lagu pop yang dulu sempat tren. Untuk melihatnya silahkan buka Lagu Gaya Matematika.

Salah satu platform yang menyediakan latihan soal adalah Ruangguru lewat salah satu produknya yakni Ruangbelajar. Disana terdapat banyak contoh soal yang bisa kamu ikuti dan terdapat pula pembahasan dan pemecahan soalnya yang membuat kamu akan mudah menghafal rumus matematika lengkap.

Di Ruangbelajar, tersedia beragam materi video konten telah dipersiapkan oleh mentor-mentor terpercaya dari Ruangguru, seperti soal dan video pembahasan Ujian nasional (UN) dari tahun sebelumnya!

Cara mendaftar Ruangguru sangat mudah,

  1. Kunjungi website RuangGuru di https://RuangGuru.com
  2. Klik menu ‘Daftar’ yang terdapat pada pojok kanan
  3. Pilih daftar sebagai murid
  4. Masukan data diri kamu secara lengkap
  5. Ketika kamu sudah terdaftar kamu hanya tinggal memilih paket yang ada pada RuangGuru.